Peringatan Dini di Manado, Hujan Sedang hingga Deras di Sulawesi Utara Diprediksi Masih Akan Terjadi sampai Selasa 31 Januari 2023


Selasa, 31 Januari 2023 (11:00 WIB) CMC PKSS menginformasikan:

Setelah dilanda hujan deras sejak Kamis (26/1) malam hingga Jumat (27/1) hingga menyebabkan banjir di sebagian besar wilayah Manado, diketahui air perlahan telah mulai surut.

Sejumlah warga pun telah kembali dari pengungsian untuk membersihkan tempat tinggal mereka. Namun, Sulawesi Utara tampaknya masih akan diwarnai cuaca ekstrem hingga awal pekan depan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih akan turun hingga Selasa (31/1) di beberapa wilayah di Provinsi itu.

BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga 31 Januari 2023," ujar Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben Molle di Manado.

Hujan diprediksi akan disertai petir atau kilat dan angin kencang. Oleh karena itu, Ben Molle berharap warga tetap waspada dan berhati-hati mengantisipasi cuaca ekstrem yang berpeluang terjadi hingga puncak musim hujan di awal Februari 2023.

Potensi cuaca ekstrem tersebut dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor, ataupun pohon tumbang.

Berikut tips beberapa langkah-langkah yang harus dilakukan saat terjadi banjir.

Saat Terjadi Banjir

Yang Harus Dilakukan

• Letakkan dokumen penting di tempat yang aman, atau masukkan pada wadah yang kedap/tahan air.

• Pindahkan barang-barang elektronik ke tempat yang lebih

• Tutup dengan aman stop kontak listrik. Jika diperlukan padamkan panel listrik saat air mulai memasuki area dalam bangunan.

• Jika ketinggian air semakin naik, segera berkoordinasi dengan Pimpinan Unit Kerja setempat, RO dan Chief Operation guna mendapatkan arahan lebih lanjut.

• Meninggikan posisi genset dan mesin ATM agar tidak terjangkau air.

• Siaga merantau ketinggian air dan melaporkan kondisi terkini.

Pasca Banjir

Yang Harus Dilakukan

• Saat pembersihan, gunakan batang kayu (kering) untuk memindahkan berbagai kotoran/timbunan barang yang berserak dilantai, untuk menghindari segala resiko seperti tersengat listrik atau digigit binatang beracun.

• Memastikan kondisi unit kerja aman dari binatang berbahaya.

• Memastikan kembali kondisi berkas-berkas penting dan barang Inventaris kantor yang menggunakan listrik.

• Memantau kondisi cuaca dan tetap waspada terhadap banjir.

• Jangan menyalakan listrik atau menggunakan stop kontak, hingga kondisi instalasi listrik sudah dipastikan aman.


Demikian kami informasikan, terima kasih

Sumber: BMKG/Liputan6





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mitigasi Gempa Bumi

Tips Penting untuk Melindungi Diri dari Ancaman Gempa Megathrust

MITIGASI GEMPA BUMI