BMKG Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi di Perairan Utara Sulawesi

 


Minggu, 26 Maret 2023 (09:30 WIB) CMC PKSS menginformasikan: 

Stasiun Meteorologi Maritim Bitung Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi gelombang tinggi di sejumlah perairan pada Minggu (26/3/2023) mulai pukul 08.00 Wita. 

Pada umumnya angin bertiup dari utara-timur dengan kecepatan 6-20 knot. Kecepatan angin tertinggi berpeluang terjadi di sebelah utara Laut Sulawesi bagian Timur hingga perairan utara Kepulauan Sangihe-Talaud 

Tinggi gelombang sedang antara 1,25-2,5 m berpeluang terjadi di Laut Sulawesi bagian timur, perairan Kepualauan Sangihe, perairan Kepualauan Talaud, perairan timur Kepulauan Sitaro, perairan timur Bitung-Likupang, dan Laut Maluku bagian utara. 

Imbauan

Adanya gelombang laut ini Stasiun Meteorologi Maritim Bitung merekomendasi agar masyarakat  memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran. 

1. Perahu nelayan pada kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 m
2. Kapal tongkang pada kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 m
3. Kapal ferry pada kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 m  
4. Kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar pada kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.  

Masyarakat dan kapal-kapal yang melakukan aktivitas di daerah yang tercantum dalam daftar area peringatan dini harap mempertimbangkan kondisi tersebut.


Demikian kami informasikan, terima kasih

BMKG/Kompas.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mitigasi Gempa Bumi

Tips Penting untuk Melindungi Diri dari Ancaman Gempa Megathrust

MITIGASI GEMPA BUMI