Erupsi Gunung Ile Lewotolok NTT, Semburan Abu Capai 750 Meter

 


Senin, 27 Maret 2023 (22:00 WIB) CMC PKSS menginformasikan:

Gunung Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, NTT kembali erupsi Senin (27/3) pukul 16.04 WITA dengan kolom abu setinggi 750 meter di atas permukaan puncak.

Telah terjadi erupsi Gunung Ili Lewotolok, Nusa Tenggara Timur pada tanggal 27 Maret 2023 pukul 16:04 WITA dengan tinggi kolom abu teramati ± 750 m di atas puncak (± 2.173 m di atas permukaan laut).

Dalam laporan yang dikeluarkan PPGA Ile Lewotolok pukul 16.10 WITA, disebutkan kolom abu dari erupsi tersebut teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal yang condong ke arah barat dan barat laut.

Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 8.7 mm dan durasi ±52 detik," sebut PPGA Ile Lewotolok.

Disampaikan dalam laporan tersebut, saat erupsi disertai gemuruh sedang. Meski erupsi terus terjadi dalam sepekan terakhir namun Gunung Ile Lewotolok saat ini masih berada pada status level II (waspada).

Dalam laporan sebelumnya pada Minggu (26/3) pukul 00.53 WITA PPGA Ile Lewotolok merinci jumlah letusan sepanjang Sabtu (25/3) teramati 76 kali letusan.

Erupsi tersebut terekam di seismogram dengan amplitudo 18,8-38,2 milimeter dengan durasi 40 hingga 117 detik.

Akibat erupsi tersebut, petugas PPGA Ile Lewotolok di Desa Laranwutun, Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata telah mengingatkan masyarakat untuk tidak beraktifitas dalam radius dua kilometer dari pusat aktifitas Gunung Api Ile Lewotolok.

Himbauan PPGA

Agar masyarakat di tiga desa yakni Desa Lamawolo, Desa Lamatokan dan Desa Jontona untuk waspada terhadap potensi bahaya dari guguran atau longsoran lava dan awan panas dari bagian timur kawah gunung.

Untuk menghindari gangguan pernapasan (ISPA) maupun gangguan kesehatan Iainnya yang disebabkan oleh abu vulkanik maka masyarakat yang berada di sekitar G. Ili Lewotolok dapat menggunakan masker pelindung mulut dan hidung serta perlengkapan lain untuk melindungi mata dan kulit.


Demikian kami informasikan, terima kasih

Sumber: BMKG/detiknews

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mitigasi Gempa Bumi

Tips Penting untuk Melindungi Diri dari Ancaman Gempa Megathrust

MITIGASI GEMPA BUMI