3 Rekayasa Lalin Polda Metro Hadapi Arus Balik Pemudik ke Jakarta


Minggu, 23 April 2023 (20:30 WIB) CMC PKSS menginformasikan:

Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan sebanyak 203 ribu kendaraan akan kembali ke Jakarta pada 24 dan 25 April 2023. Polda Metro menyiapkan rekayasa lalu lintas.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman mengatakan pihak kepolisian bersama stakeholder terkait membagi arus balik menjadi tiga skema yaitu situasi hijau, kuning dan situasi merah. Rekayasa lalu lintas mengikuti situasi tersebut.

Berikut skema rekayasa lalu lintas merujuk pada situasi yang ada:

1. Level 1 Situasi Hijau

  • Latif mengatakan situasi hijau ditandai dengan arus lalu lintas menuju Jakarta yang normal dan tidak ada antrean. Rekayasa lalu lintas yang diberlakukan yakni Gerbang Tol Halim dan Cikunir berlaku normal.

2. Level 2 Situasi Kuning

  • Sementara itu situasi kuning ditandai dengan adanya kepadatan dengan kecepatan 20 Km per jam. Saat situasi tersebut terjadi rekayasa lalu lintas one way dari Km 414 Kalikangkung hingga Km 47 diberlakukan. Selanjutnya diberlakukan contraflow Km 28.

3. Level 3 Situasi Merah

  • Situasi merah ditandai dengan kemacetan parah arus lintas yang membuat kendaraan tidak bergerak. Sama seperti situasi kuning, situasi rekayasa lalu lintas one way dari Km 414 Kalikangkung hingga Km 47 diberlakukan.

Selanjutnya, diberlakukan contraflow di Km 3.500. Jika terjadi antrean sepanjang 2 Km, maka tol akan gratis.

Demikian kami informasikan, terima kasih.

Sumber: detiknews, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mitigasi Gempa Bumi

Tips Penting untuk Melindungi Diri dari Ancaman Gempa Megathrust

MITIGASI GEMPA BUMI