Tebing 30 Meter di Jalan Penghubung Bogor dan Tangerang Longsor

 


Rabu, 24 Mei 2023 (09:50 WIB) CMC PKSS menginformasikan:

Bencana tanah longsor melanda tebing di kawasan Desa Sukamulya, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Tebing yang longsor diketahui memiliki tinggi 30 meter dengan panjang 35 meter.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Aris Nurjatmiko, mengatakan bahwa longsor tersebut diakibatkan oleh hujan dengan intensitas tinggi dengan durasi yang cukup lama.

Dikarenakan hujan intensitas tinggi dan cukup lama sehingga mengakibatkan longsor di bagian tebingan atau bahu jalan dengan ukuran longsoran panjang 35 meter tinggi 30 meter," kata Aris dalam keterangannya, Rabu (24/5/2023).

Peristiwa itu terjadi pada hari Minggu (21/5) kemarin. Warga kemudian melaporkan kejadian itu kepada petugas BPBD untuk dilakukan penanganan lebih lanjut.

Petugas BPBD segera menuju ke lokasi kejadian pada Selasa (23/5) kemarin begitu menerima laporan warga. Fasilitas yang rusak diketahui yaitu jalan penghubung Kabupaten Bogor dengan Kabupaten Tangerang.

Fasilitas umum terdampak jalan penghubung antara Kabupaten Bogor dan Kabupaten Tangerang.

Jalan yang terdampak longsor tersebut hingga kini masih bisa dilalui kendaraan. Namun, perlu ada penanganan lebih lanjut oleh dinas terkait karena dikhawatirkan ada longsor susulan.

Dibutuhkan penanganan lebih lanjut oleh dinas terkait, dikhawatirkan terjadinya longsor susulan dan jarak dari longsoran ke permukiman sekitar 4 meter.

Mitigasi Tanah Longsor

1. Hindari daerah rawan bencana untuk membangun pemukiman.

2. Mengurangi tingkat keterjalan lereng.

3. Terasering dengan sistem drainase yang tepat.

4. Penghijauan dengan tanaman berakar dalam.

5. Mendirikan bangunan berpondasi kuat.

6. Penutupan rekahan di atas lereng untuk mencegah air cepat masuk.


Demikian kami informasikan, terima kasih

Sumber: Detiknews



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mitigasi Gempa Bumi

Tips Penting untuk Melindungi Diri dari Ancaman Gempa Megathrust

MITIGASI GEMPA BUMI