Gempa M 4,4 Guncang Seram Bagian Barat, Maluku, Tidak Berpotensi Tsunami


Senin, 30 Oktober 2023 (21:35 WIB) CMC PKSS Menginformasikan: 

Gempa berkekuatan magnitudo 4,4 mengguncang Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku, Senin (30/10/2023) Gempa terjadi sekitar pukul 21.15 WIT. 

Kuatnya getaran gempa membuat warga di Kota Piru, Ibu Kota Seram Bagian Barat berhamburan ke jalan. Sejumlah warga mengaku, getaran gempa sangat kuat terasa. 

Kuatnya getaran gempa membuat warga panik. Hingga beberapa saat, warga masih belum berani kembali ke rumah-rumah mereka. 

Warga lainnya mengaku mereka belum berani kembali ke rumah karena takut gempa susulan terjadi. "

Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) SBB Manda Kamalane mengaku usai terjadinya gempa hingga kini masih banyak warga yang berada di jalan dan belum kembali ke rumah. 

Data yang diterima dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Ambon, gempa tersebut berada pada koordinat 3.16 Lintang Selatan dan 128.2 Bujur Timur atau berjarak 11 km bagian Selatan Piru dan 27 km barat laut Kairatu. 

Gempa tersebut sendiri merupakan jenis gempa dangkal dengan pusat kedalaman 5 kilometer di bawah permukaan laut. Menurut Manda titik lokasi gempa yang sangat dangkal itu menyebabkan getaran gempa sangat kuat dirasakan. 

Adapun data dari BMKG menyebut gempa yang terjadi tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Manda  mengimbau warga agar tidak panik dan mudah percaya dengan informasi yang tidak bertanggung jawab. 

Demikian kami informasikan, terima kasih.

Sumber: Kompas, Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah SBB Manda Kamalane

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mitigasi Gempa Bumi

Tips Penting untuk Melindungi Diri dari Ancaman Gempa Megathrust

MITIGASI GEMPA BUMI