4 Rekayasa Lalin saat Malam Tahun Baru di Kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat


Jumat, 29 Desember 2023 (09:43 WIB) CMC PKSS Menginformasikan:

Kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat menjadi salah satu destinasi wisata masyarakat pada malam perayaan Tahun Baru 2024. Kawasan Puncak diprediksi bakal mengalami peningkatan volume kendaraan pada malam pergantian tahun nanti.

Di sisi lain, kawasan Puncak juga akan dijadikan sebagai tempat bagi warga untuk pesta pergantian tahun. Ada beberapa titik yang dijadikan spot perayaan malam Tahun Baru di Puncak.

Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan, mengatakan, untuk mengantisipasi kemacetan di jalur Puncak, Korlantas Polri telah menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas. 

Berikut sejumlah informasi terkait rekayasa lalu lintas yang akan diterapkan pada malam Tahun Baru 2024:


Ganjil Genap Mulai 29 Desember

Salah satu rekayasa lalu lintas yang akan diterapkan oleh pihak kepolisian pada malam tahun baru yakni ganjil-genap. Pembatasan kendaraan dengan sistem ganjil-genap ini diberlakukan mulai hari ini, Jumat 29 Desember hingga Minggu 31 Desember 2023.

Dengan adanya pembatasan sistem ganjil-genap ini, maka kendaraan yang tidak sesuai dengan tanggal ganjil atau genap akan diputarbalikkan. Misalnya, kendaraan dengan nomor akhiran pelat genap akan diputar balik ketika melintasi kawasan Puncak pada tanggal ganjil dan sebaliknya.


Car Free Night Malan Tahun Baru

Selain ganjil-genap, polisi juga menyiapkan rekayasa lalu lintas berupa car free night. Car free night dilaksanakan pada malam Tahun Baru, tepatnya 31 Desember 2023.

Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan menyampaikan menjelang malam Tahun Baru nanti, kawasan Puncak akan ditutup untuk semua kendaraan. Penutupan dilakukan di jalur Puncak dari arah Jakarta maupun sebaliknya dari arah Cianjur.

"Yang kedua kita akan melakukan pembatasan. Pembatasan lalu lintas yang menuju ke Puncak baik dari arah Gadog maupun dari arah Cianjur, pada jam 18.00 WIB pada 31 Desember kita akan menutup jalur yang menuju ke Puncak, baik dari arah Jakarta maupun arah Cianjur," jelas Aan.


Jadwal Car Free Night

Aan menyampaikan kendaraan tidak diperbolehkan melintasi jalur Puncak mulai pukul 18.00 WIB pada 31 Desember 2023. Jalur Puncak akan benar-benar dikosongkan dari kendaraan mulai pukul 21.00 WIB.

"Kemudian kita clearance sampai jam 21.00 kita lakukan car free night di sepanjang jalur puncak, ada beberapa tempat wisata, ada beberapa tempat yang nanti akan dihabiskan untuk melepas tahun 2023 oleh masyarakat di daerah Puncak," paparnya.


Lalin Dibuka Lagi Jam 01.00

Kawasan Puncak akan dibuka kembali pada 1 Januari 2024 pukul 01.00 WIB. Lalin dari Jakarta ke Puncak atau sebaliknya akan dibuka kembali pada jam tersebut.

Bagi masyarakat yang sudah mem-booking hotel atau akan merayakan malam Tahun Baru di kawasan Puncak, diharapkan sudah tiba di lokasi sebelum pukul 15.00 WIB pada 31 Desember 2023.

"Untuk itu, kami sampaikan ke masyarakat yang punya rencana menghabiskan tahun baru di Puncak atau sudah menginap, sudah booking di hotel seputaran Puncak itu silakan jam 15.00 maksimal sudah check-in sudah naik ke atas sehingga perjalanan tidak terhambat," pungkas Aan.


Demikian kami informasikan terima kasih.

Sumber: detiknews

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mitigasi Gempa Bumi

Tips Penting untuk Melindungi Diri dari Ancaman Gempa Megathrust

MITIGASI GEMPA BUMI