BMKG: Angin Puting Beliung Menerjang Bandung-Sumedang, Unit Kerja Kelolaan PKSS Aman


Rabu, 21 Februari 2024 (22:45 WIB) CMC PKSS Menginformasikan:

Angin puting beliung melanda kawasan di perbatasan Bandung dan Sumedang, Rabu (21/2/2024) sore. 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menganalisa kejadian angin puting beliung tersebut.

Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Bandung Teguh Rahayu menyebutkan, terjangan angin puting beliung terjadi sekitar pukul 16.00 WIB. Angin puting beliung ini mengakibatkan atap rumah warga berterbangan.

Angin puting beliung mengakibatkan atap rumah warga di Kecamatan Jatinangor berterbangan. Angin puting beliung merobohkan pagar PT. Kahatex, Bandung.

Perbatasan Bandung-Sumedang sedang dilanda hujan dengan kategori ekstrim saat terjadinya puting beliung tersebut. Menurutnya puting beliung terjadi karena adanya pertumbuhan awan CB yang disertai angin kencang.

BMKG juga disebut telah membuat peringatan dini cuaca ekstrim di Jabar per tanggal 21 Februari 2024 mulai pukul 11.30 hingga 16.40 WIB sebanyak 4 kali. 

Rekomendasi:
  1. Waspada terhadap terjadinya potensi bencana hidrometeorologis (dampak cuaca esktrem) seperti hujan lebat hingga sangat lebat pada durasi lebih dari satu jam, angin puting beliung, dan hujan es yang dapat mengakibatkan dampak seperti banjir, tanah longsor, pohon tumbang, serta dampak kerusakan lainnya
  2. Waspada terhadap terjadinya cuaca ekstrim berupa hujan sedang hingga lebat yang disertai dengan kilat atau petir dan juga angin kencang pada sore hari, terutama pada hari dimana terjadi pemanasan kuat antara pukul 10.00 hingga 14.00 WIB, biasaya ditandai dengan jenis awan yang berwarna gelap, dan menjulang tinggi seperti kembang kol dan terkadang memiliki landasan pada puncaknya (Awan jenis Cumulonimbus)
  3. Khusus untuk daerah bertopografi curam/bergunung atau rawan longsor agar tetap waspada khususnya pada kejadian hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang terjadi selama beberapa hari berturut-turut.
Kondisi Unit Kerja Kelolaan PKSS

Hasil koordinasi CMC PKSS dengan Bapak Abdul Rohman (CO PKSS Cabang Bandung) tidak ada unit kerja yang terdampak pasca terjadinya angin puting beliung tersebut. Unit Kerja yang terdekat yaitu BRI KCP Rancaekek dan BRI Unit Jatinangor masih terpantau aman terkendali. 

Demikian kami informasikan, terima kasih.

Sumber: Detiknews/BMKG, Bapak Abdul Rohman (CO PKSS Cabang Bandung)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mitigasi Gempa Bumi

Tips Penting untuk Melindungi Diri dari Ancaman Gempa Megathrust

MITIGASI GEMPA BUMI