Dua Desa di Sikka NTT Dilanda Hujan Abu Gunung Lewotobi, Status Siaga


Senin, 24 Juni 2024 (15:15 WIB) CMC PKSS Menginformasikan:

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) melaporkan, dua desa di wilayah itu dilanda hujan abu vulkanik Gunung Lewotobi Laki-laki di Kabupaten Flores Timur. 

Dua desa tersebut yakni Desa Hikong dan Desa Timutawa, Kecamatan Talibura. 

"Dari hasil pemantauan sampai saat ini ada dua desa yang terdampak abu vulkanik Gunung Lewotobi Laki-laki, yaitu Desa Hikong dan Timutawa," ujar Pelaksana Tugas Kepala BPBD Sikka, Puthu Bota, Senin (24/6/2024). 

Puthu juga mengungkapkan, hujan abu sempat melanda Kecamatan Waigete dan Lela belum lama ini. Itu terjadi karena terbawa angin. Namun hanya beberapa saat. Kini sudah kembali normal. 

Tim reaksi cepat (TRC) BPBD Sikka terus memantau wilayah yang terdampak hujan abu serta menghimbau waspada. Apabila terjadi hujan abu segera dilaporkan ke BPBD agar ditindaklanjuti. 

Adapun sampai saat ini status Gunung Lewotobi Laki-laki berada di level III siaga. 

Warga setempat maupun wisatawan diimbau mengikuti rekomendasi yang ditetapkan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). 

Sementara itu, Pemkab Flores Timur telah menetapkan status siaga darurat bencana erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki mulai tanggal 10 Juni 2024 sampai 24 Juni 2024. 

Pemkab juga telah menyiapkan dua lokasi pengungsian untuk membantu korban dampak erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki. 

Dua lokasi tersebut yakni gedung Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Boru di Kecamatan Wulanggitang dan Desa Bokang, Kecamatan Titehena.

Demikian kami informaikan, terima kasih.

Sumber: Kompas, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sikka

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mitigasi Gempa Bumi

Tips Penting untuk Melindungi Diri dari Ancaman Gempa Megathrust

MITIGASI GEMPA BUMI