Gunung Lewotobi Meletus Lagi dan Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 1,5 Km

 


Minggu, 18 Agustus 2024 CMC PKSS Menginformasikan:

Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, kembali meletus disertai lontaran abu vulkanik setinggi 1.500 meter atau 1,5 kilometer pada Minggu (18/8/2024). 

Kepala Pos Pengamatan Gunung Lewotobi Laki-laki, Herman Yosef Mboro melaporkan, erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 7.4 mm dan durasi sementara ini lebih kurang 12 menit 40 detik.

Terjadi erupsi pukul 07.19 Wita dengan tinggi kolom abu teramati lebih kurang 1.500 meter di atas puncak sekitar 3.084 meter di atas permukaan laut.

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat dan barat laut. 

Herman menghimbau warga tetap waspada dan selalu memakai masker atau alat pelindung untuk menghindari bahaya abu vulkanik. 

Masyarakat sekitar dan wisatawan diimbau tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius 3 kilometer dari pusat erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki dan Gunung Lewotobi Perempuan, dan 4 kilometer arah sektoral utara dan timur laut dan 5 kilometer pada sektor timur laut dari pusat erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki. 

Masyarakat diharapkan agar tenang dan mengikuti arahan pemda serta tidak mempercayai isu-isu dari sumber yang tak jelas. 


Demikian kami informasikan, terima kasih

Sumber: Kompas/Kepala Pos Pengamatan Gunung Lewotobi Laki-laki, Herman Yosef Mboro

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mitigasi Gempa Bumi

Tips Penting untuk Melindungi Diri dari Ancaman Gempa Megathrust

MITIGASI GEMPA BUMI