BPBD Purworejo Siapkan SE Terkait Potensi Gempa Megathrust, Imbau Cek Gedung Berkala

 


Rabu, 11 September 2024 CMC PKSS Menginformasikan: 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tengah menyiapkan surat edaran untuk organisasi perangkat daerah (OPD) agar melakukan langkah antisipasi jika terjadi bencana alam. 

Surat edaran itu masih diajukan ke Bupati untuk mendapatkan persetujuan. Hal ini diambil menanggapi adanya potensi gempa megatrusht dan tsunami di pesisir pantai selatan. 

Dalam surat yang tengah diajukan tersebut, BPBD mengimbau agar perangkat daerah melakukan pengecekan bangunan gedung yang dimiliki.

Menurutnya, pengecekan gedung itu penting karena saat terjadi bencana menjadi pemicu utama jatuhnya korban jiwa. Apalagi dibandingkan jenis bencana yang lain, gempa bumi lebih sulit diprediksi. 

Dalam surat edaran yang sedang disiapkan juga menyebutkan untuk membuat rambu evakuasi dan titik kumpul di areal perkantoran. 

Salah satu yang sudah dilakukan adalah KPU Purworejo dimana setelah menggelar simulasi, mereka menindak dengan membuat jalur evakuasi. 

Pemkab Terjunkan Tim Investigasi BPBD sendiri hingga saat ini sudah melakukan serangkaian langkah mitigasi bencana dengan menggelar pelatihan dan simulasi. 

Hal lainnya adalah sudah memasang 24 early warning sistem (EWS) di sepanjang pesisir selatan Purworejo.

Khusus untuk EWS ini setiap tanggal 26 kita bunyikan untuk pengecekan kesiapan alat.

BPBD kini telah menggunakan aplikasi untuk mencatat dan mengumpulkan data bencana yang ada di Kabupaten Purworejo. 


Demikian kami informasikan, terima kasih

Sumber: BPBD/Internal PKSS


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mitigasi Gempa Bumi

Tips Penting untuk Melindungi Diri dari Ancaman Gempa Megathrust

MITIGASI GEMPA BUMI