BPBD Sumsel Siaga Bencana Jelang Peningkatan Curah Hujan

 


Selasa, 24 September 2024 CMC PKSS Menginformasikan: 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Sumsel memprediksi adanya peningkatan curah hujan di seluruh wilayah dalam waktu dekat. 

Hal ini meningkatkan risiko terjadinya bencana banjir dan tanah longsor di berbagai daerah. 

Menanggapi hal tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di seluruh kabupaten dan kota yang ada di Sumsel diminta untuk meningkatkan kewaspadaan.

Kalaksa BPBD Sumsel, Aksoni, menghimbau adanya koordinasi yang solid antar sektor terkait guna mencegah dan meminimalkan dampak bencana. 

Kita perlu memastikan kesiapsiagaan personel, peralatan, dan logistik untuk menghadapi kemungkinan situasi darurat 

Menurut data terbaru, wilayah dengan potensi banjir di Sumatera Selatan pada bulan Oktober dan November 2024 sebagian besar berada pada tingkat risiko menengah. 

Kecamatan seperti Banyuasin Tiga dan Rantau Bayur di Kabupaten Banyuasin, serta Pasemah Air Keruh dan Pendopo di Kabupaten Empat Lawang, tercatat memiliki potensi banjir menengah. 

Pada November 2024, beberapa kecamatan di Palembang, Lubuk Linggau, Pagar Alam, dan Prabumulih juga diperkirakan menghadapi risiko banjir menengah.

Meskipun tidak ada wilayah dengan potensi banjir tinggi, kewaspadaan tetap harus ditingkatkan terutama di daerah-daerah yang berpotensi terkena banjir rendah hingga menengah. 


Demikian kami informasikan, terima kasih

Sumber:BMKG/Internal PKSS

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mitigasi Gempa Bumi

Tips Penting untuk Melindungi Diri dari Ancaman Gempa Megathrust

MITIGASI GEMPA BUMI