Siapkan 7 Benda Ini dalam Tas Survival Kit, Anti Panik Megathrust

Jumat, 20 September 2024 CMC PKSS Menginformasikan:

Beredarnya informasi soal potensi dan risiko gempa bumi megathrust di sejumlah wilayah Indonesia tak dimungkiri membuat masyarakat resah.

Bencana alam sering kali tak bisa dihindari. Namun, Anda bisa menyiapkan barang-barang yang bisa jadi 'penolong' di kala Anda dan orang-orang terdekat dalam keadaan darurat.

Selain itu, benda-benda ini bermanfaat di masa genting hingga bala bantuan yang lebih besar datang setelah terjadi bencana.

Berikut ini sejumlah 'survival kit' untuk mengantisipasi adanya bencana alam dilansir dari berbagai sumber.

1. Makanan dan air
  • Keadaan darurat saat bencana biasanya membuat kita tidak bisa berkomunikasi dengan orang lain sehingga sulit untuk meminta bantuan. Untuk menghindari hal tersebut, persiapkan simpanan makan dan minum dengan baik.
  • Simpan air putih dengan porsi lebih dan bawalah makanan yang bisa dikonsumsi tahan lama.
2. Pakaian dan obat-obatan
  • Pakaian dan obat-obatan termasuk kantong plastik adalah hal yang perlu Anda bawa ketika sedang menghadapi bencana alam.
3. Berkas berharga
  • Jangan lupakan berkas-berkas penting seperti asuransi kesehatan, rekam medis, ijazah, dan sertifikat rumah.
4. Peta lokal
  • Terputusnya jaringan listrik dan internet. Memiliki peta lokal minimal satu sangat diperlukan untuk membantu pergi ke titik kumpul bencana.
5. Senter
  • Padamnya listrik membuat pencahayaan padam mengakibatkan sulit melihat apalagi di malam hari. Bawalah senter beserta baterai cadangan lalu masukkan ke dalam tas survival kit agar tidak hilang.
6. Peluit
  • Suara nyaring dari peluit bisa didengar hingga jarak jauh. Hal tersebut dapat membantu Anda memberikan sinyal bantuan ketika terdampar ataupun meminta pertolongan.
7. Masker debu
  • Hindari segala bahaya termasuk udara yang terkontaminasi. Gunakanlah masker jika Anda menghadapi situasi tersebut agar selalu terlindungi.
Simpanlah kebutuhan tersebut dalam 1 tas untuk mempermudah segala gerakan ketika terjadi bencana. 

Susun barang di dalam tas dengan mempertimbangkan tingkat prioritas fungsi barang tersebut agar mudah untuk digunakan. Semoga membantu.

Demikian kami informasikan, terima kasih

Sumber: CNN Indonesia/Internal Pkss

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mitigasi Gempa Bumi

Tips Penting untuk Melindungi Diri dari Ancaman Gempa Megathrust

MITIGASI GEMPA BUMI